Powered By

Free XML Skins for Blogger

09 Februari 2009

Beberapa istilah dalam TI

BIOS
Menyediakan antarmuka komunikasi tingkat rendah dan dapat mengendalikan banyak jenis perangkat ( seperti keyboard ). Karena kedekatannya dengan perangkat keras. BIOS umumnya dibuat dengan menggunakan bahasa rakitan ( assembly ) yang digunakan oleh mesin yang bersangkutan.

BLUETOOTH
Adalah sebuah spesifikasi industrial untuk personal area networking (PAN) nirkabel, biasa disebut juga IEEE802.15.1. Bluetooth menawarkan koneksi dan pertukaran informasi antar perangkat digital yang menggunakan teknologi Bluetooth juga, seperti personal digital assistants, ponsel, laptop, computer desktop, printer, dan kamera digital. Melalui jaringan frekuensi radio yang aman serta rendah biaya.

GNU

General Public License (disingkat GNU atau GPL) merupakan suatu lisensi perangkat lunak bebas yang aslinya ditulis oleh Richard Stallman untuk proyek GNU. Lisensi GPL memberikan penerima salinan perangkat lunak hak dari perangkat lunak bebas dan menggunakan copyleft untuk memastikan kebebasan yag sama diterapkan pada versi berikutnya dari karya tersebut. Versi terakhir lisensi ini, yaitu versi 2, dirilis tahun 1991. GNU lesser General Public License (LGPL) merupakan versi lain GPL, ditujukan untuk penggunaan beberapa software library.

KERNEL
Adalah suatu perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sebuah system operasi. Tugasnya adalah menyali berbagai macam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras computer secara aman. Karena akses terhadap perangkat keras terbatas sedang lebih dari satu program harus dilayani dalam waktu yang bersamaan maka kernel juga bertugas untuk mengatur kapan dan berapa lama suatu program dapat menggunakan suatu bagian perangkat keras tersebut.

AM2+
Adalah jenis socket terbaru dari AMD untuk mendukung prossesor K10 antara lain dengan tambahan fitur HyperTransport 3.0 dan advance power yang tidak dimilki oleh socket AM2. meskipun prosessor AM2 biasa tetap dapat dapat digunakan pada socket AM2+ ini, dan begitupun sebaliknya, prossesor AM2+ dapat dipasangkan pada socket AM2 biasa.

GDDR4
Teknologi terbaru dari jajaran memory ddr yang telah menginjak generasi keempatnya. Memory ini masih berdasarkan dari teknologi GDDR3, hanya saja dilakukan pengembangan disana-sini untuk mendapatkan penigkatan performa. Selai itu, memory ini ditargetkan untuk dapat berjala pada clock diatas 1,4GHz atau efektif 2,8GHz.

HTPC
Home teater Personal Computer adalah istilah yang dikenakan kepada computer yang memiliki seluruh fungsi multimedia yang ada sampai saat ini.

LED
Light eiting diode atau lebih dikenal dengan sebutan LED adalah suatu semiconductor yang memancarkan cahaya monokromatik yang tidak koheren ketika diberi tegangan maju.

MOSFET
Singkatan dari metal oxide semiconductor atau transistor efek medan, adalah jenis transistor yang berkerja dengan adanya modulasi dari medan listrik di dalam bahan semiconductor. Antara FET dan MOSFET tidak ada perbedaan, hanya yang membedakan adanya lapisan S102 yang membatasi gate dan chanel, lalu arus listrik yang masuk sangat kecil sekali.

SRAM
Salah satu jenis memory disamping DRAM (dynamic random accsess memory), yang memiliki karakteristik tidak diperlukannya sirkuit data refresh untuk merefresh data secara berkala. Karena memory ini seluruhnya dibangun dengan komponen transistor. Maka dari itu disebut static random accsess memory. Tidak seperti DRAM yang membutuhkan refresh data karena juga dibentuk dengan menggunakan kapasitor.

SSD
Teknologi solid state disk drive (SSD) drive yaitu system penyimpanan data yang menggunakan chip memory (flash memory chip) dengan kapasitas kemampuan penyimpanan saat ini baru hingga 128 GB saja.

TDP
Atau thermal design point, adalah istilah yang menunjukan nilai daya maksimal dari suhu (thermal) yang harus disalurkan/dihilangkan.

3G
Third-Generation, istilah ini yang digunakan oleh ITU (international Telecommunication United), merupakan organisasi yang menagani pengembangan telekomunikasi, menunjukan kepada teknologi mobile komunikasi, misalnya ponsel 3G mampu memberikan daya transfer sampai dengan kecepatan 384 KBps, 128 KBps saat berkendaraan 2 MBps dengan menggunakan aplikasi tertentu.

A2DP
Kepanjangan dari advance audio distribution profile. Sebuah profile Bluetooth yang digunakan untuk streaming audio, seperti menjalankan file-file musik dari ponsel dan mendengarkannya pada headphone wireless. Bila dibandingkan dengan headset atau headphone, A2DP sudah mendukung stereo satu arah ketimbang menggunakan system dua arah.

CDMA
Code Division Multiple Access, system telephone seluler digital yang menggunakan skema akses jamak ini, seperti yang diprakarsai oleh Qualcomm atau W-CDMA. CDMA adalah sebuah teknologi militer yang digunakan kali pertama pada perang dunia ke II oleh sekutu inggris untuk menggagalkan usaha jerman dengan cara menganggu transmisi mereka. Sekutu memutuskan untuk mentransmisikan tidak hanya pada satu frekuensi, namun pada beberapa frekkuensi sehingga menyulitkan jerman untuk menangkap sinyal dengan lengkap. Sejak itu, CDMA digunakan dalam banyak system telekomunikasi, termasuk pada Global Positioning System (GPS) dan pada system satelit OmniTRACS untuk logistic transportasi. System terakhir didesain dan dibangun oleh Qualcom, dan menjadi cikal bakal yang membantu insinyur-insinyur Qualcomm untuk menemukan Soft Handolf dan kendali tenaga cepat, teknologi yang diperlukan untuk menjadikan CDMA praktis dan efisien untuk komunikasi seluler terrestrial.

EDGE
Enhanced Data Rates for GSM evolution. Teknologi ponsel digital yang berkembang dari teknologi 2G dan 2.5G atau yang biasa disebut general packet radio service (GPRS). Teknologi EDGE bekerja baik untuk jaringan GSM dan TDMA. EDGE atau biasa dikenal sebagai GPRS, memberikan perkembangan teknologi yang disebut enchanced GPRS (EGPRS), yang dapat dipakai sebagai aplikasi packet switched seperti koneksi internet.

GSM
Global System for Mobile comuication. Standar ponsel yang paling popular di dunia. Telephone GSM digunakan lebih dari satu milyar orang atau lebih dari 200 negara. Banyaknya standar GSM ini membuat roaming internasional sangat umum, dengan “persetujuan roeming” antar operator ponsel. GSM berbeda banyak dengan teknologi sebelumnya dala pensinyalan dan “chanel” pebicaraan dalah digital, yang berate ia dipandang sebagai system ponsel generasi kedua (2G).

AAC
Sinakatan dari advance audio coding merupakan standar format berkas audio terkompresi. AAC umumnya memiliki kualitas suara yang lebih baik dibandingkan dengan format popular mp3 dalam bitrate dibawah 100 kbit/s. AAC merupakan format umum digunakan ketika melakukan kompresi cd audio pada apple ipod dan itunes (eksensi .m4a). format ini merupakan bagian standart motion picture experts grup (MPEG).

APO
Apochormatic juga dikenal dengan sebagai “apochromat” merupakan lensa yang didesain untuk meminimalkan chromatic aberration, dengan memasukan tiga panjang gelmbang cahaya dalam daerah focus. Lensa jenis ini menawarkan koreksi yang bagus terhadap chromatic biasa, danditemukan di tahun 1868 oleh Ernst Abbe (1840-1905) of Carl Zeiss untuk dipakai dalam mikroskop

DIVX
Sebuah codec video yang diciptakan oleh DIVX, Inc (sebelumnya DIVX Networks, Inc) yang menjadi terkenal karena dapat mengkompresi video ukuran kecil dengan kualitas relative baik. DIVX menggunakan kompresi lossy MPEG-4 Part2. karena sering digunakan untuk membuat salinan dari DVD yang berhakcipta, DIVX menjadi kontrofersial.

QVGA
Quarter Video Graphics Array, bias disebut juga dengan Quarter VGA atau QVGA adalah kata popular dari display computer dengan kedalaman resulusi 320 x 240. display QVGA biasa digunakan pada telephone selular dan PDA. Lebih sering dengan format display portrait dari pada landscape serta pilihan resulusi 240 x 320. nama QVGA diambil dari fakta bahwa QVGA menawarkan ¼ dari maksimum resulusi 640 x 480 yang aslinya milik teknologi VGA IBM, yang menjadi standart industri pada tahun 1980-an. Itunes mendistribusikan program televise dalam format QVGA agar dapat disaksikan melalui computer atau dikoneksikan ke generasi ke 3 IPOD, yang juga mampu memainkan QVGA dengan resolusi video sampai 30 gambar per detik. Pada resolusi tinggi atau resulusi yang lebih tinggi “Q” berarti quad atau resolusi display lebih tinggi empat kali, seperti QXGA yang mempunyai resolusi 2048 x 1536.

VGA
Video Graphics Array adalah standar tampilan computer yang kali pertama dipasarkan IBM pada tahun 1987. kartu VGA berguna untuk menerjemahkan output keluaran computer ke monitor. Untuk menggambar/desain grafis ataupun untuk bermain game, dibutuhkan VGA berkemampuan tinggi.

FIREWELL
Sebuah sistemyang didesain untuk memproteksi masuknya pengguna internet lain kenetwork pribadi anda yang juga terkoneksi internet. Firewall bias berupa software maupun hardware atau kombinasi antara keduanya. Setiap pesan yang masuk atau keluar dari internet harus melalui firewall terlebih dahulu agar dapat dianalisis ada beberapa teknik firewall diantaranya packet filter, application gateway, circuit-levelgateway, circuit-level gateway, maupun proxy server.

NOTEBOOK
Sebuah computer portable berukuran mini yang dapat dengan mudah dibawa kemana-man. Dikenal juga sebagai laptop atau powerbook, computer jenis ini juga terintegerasi dengan sebuah casing. Beratnya berkisar atas 1- 3 kg. sumber listriknya berasal dari batrai yang dapat diisi ulang atau A/C adapter. Daya tahan batrai bervariasi tergantung dari jumlah cell ayng digunakan (4, 8, dan lain-lain). Semakin banyak tentu semakin tahan lama. Fungsinya sama dengan computer PC biasa. Layar yang digunakan biasanya LCD berukuran 10-17 inch. Mouse atau keyboard adalah terintegerasi, tetapi bila anda ingin menambahkannya, koneksi yang disediakan adalah USB

USB
Universal Serial Bus, standart bus berseri untuk perangkat penghubung , biasanya kepada computer namun juga digunakan diperalatan lainnya seperti konsol permainan dan PDA. System USB mempunyai desain yang asimetris, terdiri dari pengontrol host dan beberapa peralatan terhubung yang berbentuk pohon, menggunakan peralatan hub yang khusus. Desain USB ditujukan untuk menghilangkan perlunya penambahan expansion card ke ISA computer atau bus PCI, dan memperbaiki kemampuan plug-n-play dengan memperbolehkan peralatan-peralatan ditukar atau ditambah ke system tanpa perlu merebot computer.


WiFi

Wireless Fidelity. Sekumpulan standart yang digunakan untuk jaringan local nirkabel (wireless local area network-WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. standart terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.16.g. saat ini sedang dalam penyusunan. Spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya.

GAME MANAGEMENT
Game Management merupakan papan game simulasi yang dirilis oleh Avalon hill pada tahun1960. pemain mengoprasikan sendiri perusahaan manufakturnya, membuat keputusan dalam membelipersedian, menentukan harga penjualan, dan mengembangkan perusahaan.

MMORPG
Massively Multiplayer Online Role Playing Games, merupakan sebuah genre online computer role palying games (CRPGs), dimana terdapat sejumlah besar permainan berinteraksi dengan yang lainnya d dunia maya. Seperti semua RPGs, pemain memainkan karakter fiksi dan mengambil kendali aksi dari karakter yang dimiliki. MMORPG berdasarkan pada fantasy tradisional. Beberapa menyebarkan campuran them yang merupakan gabungan ataupun bagian dari elemen fantasy, seperti science fictions, sword and socery atau crime fictions.


REAL TIME

Sebuah video game realtime strategy (RTS) adalah strategic game yang berbeda dengan yang lainnya. Kata real time digunakan untuk membedakan game ini dengan game bergenre strategic wargames, yang memiliki cerita yang lebih panjang. Konsep penting yang berhubungan real time strategy mengandung tactical combat dan twich based accion. Mekanisme cara bermain RTS lainnya diketahui dari pembangunan teknologinya, seperti abstraksi unit kendali.

ANSI

Singkatan dari American National Standart Institute yang merupakan organisasi non profit yang beranggotakan kelompok bisnis dan industri amerika. Badan ini di dirikan pada tahun 1918. tujuan dari badan ini diantaranya adalah untuk standarisasi produk dan komunikasi. Dalam hal bahasa pemprograman, standart yang telah dikeluarkan adalah untuk bahasa cobol, C, dan fotran, standart yang disahkan oleh ANSI, sering disebut sebagai ANSI Standart, misalnya ANSI C, yaitu versi dari C yang disahkan oleh ANSI.

BRUTE FORCE
Serangan yang menggunakan logika yang sama dengan menebak password, tetapi serangan brute force lebih cepat dan lebih powerfull. Dalam tipe serangan ini seorang penyerang menggunakan script yang akan mencoba password-password. Walaupun serangan bruteforce lebih efisien dari pada menebak password, kedua teknik tersebut pada dasarnya sama. Lebih jauh lagi, kedua teknik tersebut sangat mudah dilawan dengan menggunakan blacklisting, yang akan mengunci sebuah account user jika seseorang penyerang berkali-kali memasukan password secara tidak tepat.

FAVICON
Singkatan dari favorites icon yang merupakan sebuah icon mungil secara umum digunakan sebagai suatu penanda atau identitas khusus dari suatu situs, favicon pertama kali dipopulerkan karena kemunculannya pada faforites folder pada internet expller. Tetapi sekarang browser-browser seperti netscape, opera dan mozila dapat menimbulkan favicon di address bar.

QUERY

Perintah-perintah untuk mengakses data pada system basis data, ataupun suatu nama yang diberikan kepada string untuk digunakan dalam bahasa pemprograman yang digunakan untuk pengaksesan database, pengakses dapat mengakses data yang diperlukan untuk mendapatkan informasi. Dengan adanya query ini memberikan kemudahan bagi bahasa pemprograman terhadap kompabilitas akses terhadap data base tersebut.

VPN
Akses dari suatu lokasi ke intranet, internet, atau extranet melalui jaringan public dengan menggunakan kebijakan seperti jaringan privat. Accsess VPN memungkinkan pengguna untuk mengakses resource perusahaannya kapanpun dan dimanapun mereka berada. Accsess VPN mencangkup jalur analog, ISDN, digital subcribe line (DSL) mobile IP dan berbagai teknologi kabel tersebut dapat dipisahkan menjadi tiga jenis, yaitu : client-initiated, remote router-initiated dan network accsess server (NAS)-initiated. Keuntungandari perpindahan ke access VPN antara lain adalah pengurangan biaya.

0 komentar:

Posting Komentar